RPP PBO RPL Kurikulim 2013 Revisi
RPP PBO RPL Kurikulum 2013 Revisi - Jika anda mencari RPP dan Silabus dari mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI, beserta silabusnya silahkan download RPP PBO di bawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Nama Sekolah : SMK Kesehatan Bakti Husada Sumpiuh
Mata Pelajaran : Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Kelas / Semester : XI RPL
Materi Pokok : Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
(PBO)
Alokasi Waktu : 7 x 45 Menit (2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
- Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep pemrograman berorientasi obyek
3.2 Memahami dasar-dasar dan aturan pemrograman berorientasi obyek
4.1 Menyajikan konsep pemrograman berorientasi obyek
4.2 Menyajikan aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek
Indikator :
• Dapat menyelesaikan masalah tentang konsep pemrograman berorientasi obyek
• Dapat membandingkan antara pemrograman procedural dan pemrograman berorientasi obyek
• Dapat menginstalasi perangkat lunak pemrograman berorientasi obyek
• Dapat mengetahui aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek
C. Tujuan Pembelajaran
- Sebelum, selama, dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama (seperti berdoa dan memberi salam).
- Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli terhadap sesama teman) sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
- Setelah mengetahui instruksi yang digunakan untuk mengetahui tentang konsep pemrograman berorientasi objek, siswa dapat mengeksplorasi dalam memahami konsep PBO serta membandingkan antara pemrograman procedural dengan PBO.
- Dengan pemahaman yang mereka dapat, siswa diharapkan dapat melakukan editing kode program JAVA sederhana yang hanya memuat satu class, melakukan kompilasi program dan mengeksekusi program JAVA serta siswa dapat memahami tipe data sederhana, operator, statemen kondisi dan komunikasi dengan layar melalui masukkan dari keyboard dengan class console.
D. Materi Pembelajaran
- Teori singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
- Tipe dan operator dalam Java
- Perbandingan Pemrograman Berorientasi Objek dengan Pemrograman Prosedural
- Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
1. Teori Singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Program JAVA dirancang sebagai suatu pemrograman berorientasi objek (OOP=Object Orientation Programming) secara penuh. Dalam pemrograman PASCAL yang untuk TURBO PASCAL versi 5 ke atas telah mendukung OOP atau C++ yang telah penuh mendukung OOP namun dalam kedua bahasa yang terakhir tersebut masih dimungkinkan untuk membuat program dengan pendekatan program terstruktur, yang dalam lingkup pemrograman JAVA hal ini tidak dapat lagi dilakukan.Struktur program JAVA dibuat dengan mendefinisikan suatu class dengan syntax :
[public] class <NamaKelas>Keterangan :
{ // definisi atribut dari kelas tersebut
// definisi method yang memanipulasi atribut
}
[public] = menunjukkan bahwa class tersebut dapat diases oleh class yang lain. Apabila kata public tidak dicantumkan menunjukkan bahwa class tersebut hanya dapat diases oleh class tertentu.
NamaKelas = adalah nama dari programer sesuai dengan persoalan.
Selanjutnya didalam suatu class dapat didefinisikan atribut-atribut class tersebut dan juga method-method yang memanipulasi atribut class tersebut.
Suatu class dapat dieksekusi apabila didalam class tersebut didefinisikan suatu method yang disebut main(), yaitu :
public static void main(String[] args)
2. Tipe Data dan Operator dalam JAVA
JAVA mengenal tipe data yang mirip dengan C++. Untuk data numerik dimiliki beberapa tipe, yaitu :Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d
9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127
Floating point
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15 digit
signifikan)
Karakter dan string
char 1 byte 1 karakter
String sebuah objek string dan manipulasinya
Satu hal yang berbeda dengan C++ adalah untuk String dalam JAVA adalah sebuah objek, yang mengandung beberapa method untuk manipulasi objek tersebut. Meskipun demikian suatu objek String dapat diisi suatu nilai string sebagaimana layaknya variabel biasa.
Contoh :
String Nama = ”JON SHOLEH”;
atau :
String Nama;
Nama = “JON SHOLEH”;
Beberapa method dari objek string Nama antara lain :
Nama.length() akan menghasilkan : 10
Nama.substring(0,3) akan menghasilkan : “JON”
Contoh program yang melibatkan data adalah sebagai berikut :
class OperasiDATA
{ public static void main(String args[])
{
int a;
float b;
double c;
String d;
a=(int)1/3;
b=(float)1/3 ;
c=(double)1/3 ;
d="JON SHOLEH";
System.out.println("a = " +a);
System.out.println("b = " +b);
System.out.println("c = " +c);
System.out.println("d = " +d);
System.out.println("d.length() = " +d.length());
System.out.println("d.substring(0,3) = " +d.substring(0,3));
}
}
Output dari program tersebut adalah :
a = 0
b = 0.333333
c = 0.333333
d = JON SHOLEH
d.length() = 10
d.substring(0,3) =JON
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR
3. Perbandingan PBO dengan Pemrograman Prosedural
4. Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
• Obyek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior)• Status (state) disebut juga dengan atribut
• Contoh obyek : obyek mobil
- Atribut : merek, warna, bahan bakar
- Method : pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method
• Suatu program disebut dengan pemrograman berbasis obyek (OOP) karena terdapat :
- Encapsulation (pembungkusan)
- Inheritance (pewarisan)
- Polymorphism (polimorfisme – perbedaan bentuk)
1. Encapsulation (pembungkusan)
• Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi
• Untuk mengakses, variabel dan method yang sudah dibungkus tadi perlu interface
• Setelah variabel dan method dibungkus, hak akses terhadapnya bisa ditentukan
• Konsep pembungkusan ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur
2. Inheritance (pewarisan)
• Sebuah class bisa mewariskan atribut dan method-nya ke class yang lain
• Class yang mewarisi disebut superclass
• Class yang diberi warisan disebut subclass
• Sebuah subclass bisa mewariskan atau berlaku sebagai superclass bagi class yang lain => disebut multilevel inheritance
3. Polimorphism (polimorfisme)
• Polimorfisme artinya penyamaran dimana suatu bentuk dapat memiliki lebih dari satu bentuk
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific (Ilmiah) Model : Project Based Learning (Berbasis Proyek)
Metode :
1. Observing (Mengamati)
2. Questioning (Mempertanyakan)
3. Exploring/Experimenting (Bereksperimen/Mengumpulkan Informasi)
4. Associating (Mengasosiasi)
5. Communicating/Networking (Mengkomunikasikan)
6. Ceramah
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Slide Presentasi2. Alat/bahan : LCD Proyektor, Spidol
3. Sumber belajar: Panduan Jeni Jardiknas, 2007-2008
Download RPP PBO Kelas XI KI KD 3.1-4.1 disini
Post a Comment for "RPP PBO RPL Kurikulim 2013 Revisi"