Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Latihan Pemodelan Perangkat Lunak SMK RPL Kelas XI


Contoh Soal PPL UAS RPL SMK Kelas 11 - Disini admin akan bagikan beberapa contoh soal mata pelajaran PPL kelas 11 SMK RPL semester 1, disini soal sudah update dan terbaru dan sesua dengan RPP yang digunakan.

Semoga saja bisa menjadi bahan acuan bagi pendidik dan bisa buat bahan latihan untuk peserta didik dalam mengerjakan soal PPL SMK RPL Semester 1.


A.    PILIHAN GANDA
1.      Sebuah proses untuk mendapatkan informasi model, spesifikasi tentang perangkat lunak yang diinginkan klien / pengguna merupakan pengertian dari ….
A.    kebutuhan data
B.     kebutuhan informasi
C.     analisis kebutuhan sistem
D.    kebutuhan fungsi
E.     kebutuhan teknis

2.      UML adalah suatu metode pemodelan secara visual untuk sarana perancangan sistem berorientasi objek / sebagai bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi. UML adalah kepanjangan dari ….
A.    Unified Modelling Language
B.     Uniform Modelling Language
C.     United Modelling Language
D.    Uniform Model Language
E.     Unicorn Model Language

3.      Salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses – proses apa saja yang terjadi pada sistem adalah ….
A.    Use case diagram
B.     Activity diagram
C.     Sequence diagram
D.    Class diagram
E.     User diagram
4.      Sebuah model proses perkembangan software sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek adalah ….
A.    Waterfall model
B.     Spiral model
C.     Rapid Application Development (RAD)
D.    Incremental model
E.     Prototype

5.      Hubungan antar 2 kelas di mana kelas yang satu merupakan bagian dari kelas yang lain namun kedua kelas ini dapat berdiri sendiri merupakan pengertian ….
A.    Asosiasi
B.     Komposisi
C.     Inheritance
D.    Count
E.     Agregasi

6.      Apa yang membuat  relasi komposisi lebih spesial dari relasi yang lain ….
A.    bisa membuat atribut dan method baru pada kelas anak
B.     hanya menghapus satu objek saja
C.     apabila objek dihapus maka semua komponen terhapus
D.    apabila kelas dihapus maka salah satu kelas tidak dapat berdiri, namun tidak terjadi sebaliknya
E.     menghapus setiap kelas tanpa memengaruhi kelas lain

7.      Sifat apa yang terdapat pada objek?
A.    Sifat fleksibel
B.     Sifat kaku
C.     Sifat konkrit
D.    Sifat estetik
E.     Sifat molekul

8.      Teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data atau atribut dan metode dari induknya langsung disebut ….
A.    Encapsulation
B.     Polymorphism
C.     Pembentukan
D.    Inheritance
E.     Behavior

9.      Manakah yang termasuk fungsi dari diagram struktur statis dalam class diagram?
A.    Digunakan untuk secara tekstual menggambarkan sekuensi langkah-langkah dari setiap interaksi.
B.     Digunakan dapat membantu seorang developer memahami struktur sistem secara lebih baik.
C.     Diagram untuk memodelkan dari sebuah use case atau sebuah metode.
D.    Diagram ini menunjukan class object yang menyusun sistem dan sebuah hubungan antara class object tersebut.
E.     Diagram dapat digunakan oleh seorang programan untuk mengerjakan sesuatu.

10.  UML biasanya digunakan untuk ....
A.    membuat program
B.     mencoba suatu program
C.     penelitian suatu program
D.    menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsinya.
E.     untuk melakukan penelitian yang berbasis projek

11.  Model statis yang menggambarkan struktur dan deskripsi class serta hubungannya antara class, merupakan pengertian dari ….
A.    Usecase Diagram
B.     Flowchart
C.     Activity Diagram
D.    Sequence diagram
E.     State Machine diagram

12.  Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari analisa kebutuhan pengguna sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu komponen pemodelan perangkat lunak yaitu ….
A.    karakteristik perangkat lunak
B.     prinsip analisis
C.     konsep rekayasa perangkat lunak
D.    spesifikasi pemodelan perangkat lunak
E.     desain perangkat lunak

13.  Di bawah ini yang bukan termasuk dalam jenis jenis analisis kebutuhan sistem adalah ….
A.    kebutuhan fungsional
B.     kebutuhan data
C.     kebutuhan informasi
D.    kebutuhan nonfungsional
E.     kebutuhan fungsional

14.  Diagram yang digunakan untuk menampilkan kelas kelas maupun paket paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Pernyataan tersebut merupakan salah satu pengertian dari jenis diagram UML yaitu ….
A.    Sequence diagram
B.     State machine diagram
C.     Activity diagram
D.    Class diagram
E.     Use case diagram




15.  Di bawah ini yang bukan termasuk dalam salah satu aktivitas dari Waterfall model adalah ….
A.    requirements analysis and definition
B.     system and software design
C.     integration and system testing
D.    membuat functional requirement
E.     operation and maintenance

16.  Di bawah ini yang termasuk salah satu dari keunggulan dari increment model adalah ….
A.    personil bekerja optimal
B.     mengikuti tahap pengembangan sistem pada umumnya
C.     menghasilkan kualitas yang baik
D.    perubahan sulit dilakukan
E.     pada umumnya digunakan untuk rekayasa sistem

17.  Hubungan di mana kelas yang satu merupakan bagian dari kelas yang lainnya, namun kedua kelas ini bisa berdiri sendiri. Pernyataan tersebut merupakan salah satu pengertian dari hubungan antar kelas yaitu ….
A.    Komposisi
B.     Inheritance
C.     Agregasi
D.    Increment
E.     Asosiasi

18.  Di dalam metodologi berorientasi objek terdapat tiga cara yang sering di gunakan salah satunya adalah inheritance. Inheritance itu sendiri biasa disebut dengan ….
A.    perilaku
B.     tampilan
C.     metode
D.    teknik
E.     pewarisan

19.  Di bawah ini yang bukan termasuk jenis diagram UML adalah ….
A.    Sequence diagram
B.     Usecase diagram
C.     Class diagram
D.    Komponen diagram
E.     Comincationn diagram

20.  Jenis diagram UML yang secara otomatis digunakan untuk secara tekstual menggambarkan sekuensi langkah langkah dari setiap interaksi adalah ….
A.    Usecase diagram
B.     Diagram struktur statis
C.     Sequence diagram
D.    State diagram
E.     Class diagram
21.  Di bawah ini yang termasuk kegunaan dari diagram-diagram pada UML adalah ….
A.    menggambarkan data
B.     mengkomunikasikan ide
C.     membuat tampilan menarik
D.    menghambat komunikasi
E.     membuat blueprint

22.  Dari sisi desain, pemodelan berorientasi objek menggunakan tiga macam model. Di bawah ini yang termasuk model yang di gunakan adalah ….
A.    model visual
B.     model gambar
C.     model dinamik
D.    model statis
E.     model view

23.  Teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data atau atribut dan metode dari induknya langsung, adalah pengertian dari ….
A.    Pholymorpism
B.     Inheritance
C.     Encaptulation
D.    Polimorfisme
E.     Behavior

24.  Beberapa peranan utama sistem analis adalah, kecuali ….
A.    sebagai manajer
B.     sebagai konsultan
C.     sebagai ahli pendukung
D.    sebagai agen perubahan
E.     sebagai konsultan dan agen perubahan

25.  Kumpulan dari beberapa komponen-komponen, elemen-elemen, dan unsur yang terintegrasi dan memiliki suatu tujuan adalah pengertian dari ....
A.    sistem informasi
B.     informasi
C.     sistem
D.    databases
E.     analisa

26.  Di bawah ini yang bukan manfaat use case diagram adalah ....
A.    interface yang tidak harus di miliki sistem
B.     digunakan untuk verifikasi
C.     digunakan untuk berkomunikasi dengan end user dan domain expert
D.    memastikan pemahaman yang tepat tentang requirement/kebutuhan sistem
E.     digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang berinteraksi dengan sistem dan apa yang harus dilakukan sistem
27.  Berikut yang tidak termasuk diagram yang digunakan dalam UML adalah ….
A.    Flowchat diagram
B.     State diagram
C.     Sequence diagram
D.    Class diagram
E.     Activity diagram

28.  Sesuatu yang mengindikasikan adanya komunikasi antar objek serta digambarkan dengan anak panah horizontal antara kotak persegi disebut ….
A.    Lifeline
B.     Message
C.     Actor
D.    Activation
E.     Instance specification

29.  Class yang menangani informasi yang disimpan dalam penyimpanan tetap adalah ….
A.    Main
B.     Model
C.     Control
D.    Boundary
E.     Entity

30.  Class yang mendefinisikan dan mengatur tampilan ke pemakai adalah class …..
A.    Main
B.     View
C.     Controller
D.    Model
E.     Sistem

B.     URAIAN
31.  Jelaskan pengertian dari UML!
32.  Jelaskan yang anda ketahui dari analisi kebutuhan sistem!
33.  Sebutkan dan jelaskan tentang metode Waterfall!
34.  Buatlah Use Case Diagram dengan sistem PAS SMK Bhakti Husada Sumpiuh!
35.  Sebutkan dan Jelaskan tentang macam macam UML ?
36. Jelaskan yang anda ketahui dari analisi kebutuhan sistem!
37. Sebutkan tiga macam model pada pemodelan  berorientasi objek dari sisi desain !



Terimakasih semoga latihan soal ini bisa membantu teman teman semua untuk belajar mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak, terimakasih

Post a Comment for "Contoh Soal Latihan Pemodelan Perangkat Lunak SMK RPL Kelas XI"