Contoh Soal Pemrograman Dasar SMK RPL Kurikulum K13 Revisi
Contoh Soal Ulangan Semester Pemrograman Dasar RPL - Kali ini admin pos beberapa contoh soal pemrograman dasar untuk siswa SMK jurusan RPL. Silahkan soal ini jadikan untuk latihan anda dalam pemahaman materi pemrograman dasar untuk kelas 10 dengan kurikulum K13 revisi.
Dan untuk guru bisa menjadikan referansi soal pemrograman dasar pilihan ganda dan Essy.
Contoh soal pemrograman dasar
1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah
A. Membuat
program
B. Membuat
Algoritma
C. Membeli
komputer
D. Proses
E. Mempelajari
program
2. Sebuah
prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :
A. Proses
B. Program
C. Algoritma
D. Step
E. Diagram
3. Pseudocode
yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
A. Bahassa
Inggris
B. Bahasa
Puitis
C. Bahasa
pemograman
D. Sembarang
bahasa asal terstruktur
E. Bahasa
Mesin
4. Pada
pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
A. Sebelum
pembuatan program
B. Pada saat
program dibuat
C. Sesudah
pembuatan program
D. Pada saat
verifikasi program
E. Pada saat
di jalankan
5. Tahapan
dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
A. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
B. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
C. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
D. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
E. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
6. Diketahui
bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi
15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN
kantong P yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
A. 10
B. 15
C. 10 atau
15
D. 10 dan 15
E. Kosong
7. Diberikan
algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi
putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna
adalah hitam, maka warna jadi :
A. Merah
B. Ungu
C. Hijau
D. Putih
E. Abu-abu
8. Instruksi
P=Q akan mengakibatkan nilai P=nilaiQ,dan nilai Q menjadi :
A. Menjadi
Sembarang Nilai
B. Menjadi
hampa
C. Q tetap
D. Menjadi
10
E. P tetap
9. Apabila
a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
A. a=0 , b=5
B. a=10 ,
b=5
C. a=10 ,
b=0
D. a=b
E. a=10 ,
b=10
10. Di berikan
algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :
A. 15 dan 0
B. 0 dan 15
C. 15 dan 15
D. 0 dan 10
E. 10 dan 15
11. Struktur
pertama dalam pascal adalah . .
A. Char;
B. String
C. End.
D. Writeln
E. Uses crt;
12. Untuk
melihat hasil dari program yang di kerjakan tekan tombol ...
A. CRTL+F5
B. CRTL+F9
C. CRTL+F2
D. CRTL+F12
E. CRTL+F4
13. Berapa
kode yang digunakan untuk membuat tulisan berwarna “CYAN”…
A. 4
B. 2
C. 128
D. 7
E. 3
14. Perintah
dasar sederhana dalam program passcal adalah...
A. Readln
B. End
C. Write
D. Wtiteln
E. Uses crt;
15. Struktur
bahasa pemograman pascal paling pertama adalah...
A. Var;
B. Begin
C. End;
D. Uses crt;
E. Writeln;
16. Tipe data
pascal untuk karakter adalah...
A. Char
B. Boolean
C. Integer
D. Real
E. Byte
17. Apa
kepanjangan ari USES…
A. Unit
secure
B. Uni t
syntax
C. Unit
sytem
D. Up
software
E. Unit
smiconductor
18. Berikut
ini adalah penulisan identifier yang benar dalam pemogramn pascal adalah...
A. 9program_satu
B. Program_1
C. Program
satu
D. Begin
E. Array
19. Tipe
bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagi ...
A. Byte
B. Integer
C. Char
D. String
E. Boolean
20. Istilah”
perulangan “ dalam pemograman pascal dikenal dengan ...
A. Repeating
B. Again
C. Funtion
D. Replay
E. Looping
21. Perintah
untuk menutup program dalam pascal adalah...
A. End.
B. Program
C. Uses crt;
D. Finish
E. End;
22. Menggambarkan
program secara logika merupakan fungsi dari...
A. Flowchart
B. Dxdiag
C. Begin
D. SI
E. Sistem
oprasi
23. Perintah
untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor tanpa pindah baris ,disebut...
A. Writeln
B. Write
C. Readln
D. Read
E. Begin
24. Perintah
untuk menampilkan atau mencetak dilayar monitor lalu pindah baris kebawah
,disebut...
A. Writeln
B. Write
C. Readln
D. Read
E. Begin
25. Tipe data
yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah …
A. Numeric
B. Character
C. Date/Time
D. Array
E. Integer
Uraian
1. Definisikan
apa yg dimaksud algoritma!
2. pengertian
dari array dua dimensi dan Array adalah….
3. Definisikan
struktur kontrol perulangan dalam pemrograman dan sebutkan contohnya ?
4. Jelaskan
kode program di atas
5. Tuliskan
kaliamat yang muncul jika kode program ini di RUN
Terimakasih, dan jangan lupa share ke teman teman yang lain. Terimakasih
Post a Comment for "Contoh Soal Pemrograman Dasar SMK RPL Kurikulum K13 Revisi"